Pelatihan Analisa Data Youtube dan Website untuk Majelis Remaja dan Pemuda Islam (MADARIS) Jakarta Islamic Centre

Authors

  • Achmad Bayhaqy Universitas Nusa Mandiri
  • Andri Agung Riyadi Universitas Nusa Mandiri
  • Suyoto Suyoto Universitas Nusa Mandiri
  • Nanang Ruhyana Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.61398/armi.v1i2.34

Keywords:

Data Analisa, Website, Youtube, Pelatihan, Remaja Masjid

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini semua orang dapat melihat informasi dengan cepat dan mudah salah satunya youtube dan website, sehingga setiap organisasi remaja masjid khususnya, umumnya organisasi masyarakat bisa dapat memberikan informasi-informasi yang berguna bagi masyarakat yang luas, yang menjadi kendala ada pada saat organisasi tidak tahu apa yang dibutukan untuk masyarakat tersebut sehingga pada saat membuat konten, artikel atau berita tidak membuat orang tertarik, saat ini perkembangan data analytics sayangatlah dibutukan sehingga apa yang dilakukan perlu kita analisa terlebih dahulu. Dalam hal ini bisa dilakukan juga dengan teknologi Google Analytics, Google Analytics merupakan layanan gratis yang disediakan oleh raksasa mesin pencari Google, Google analytics menyajikan informasi sehubungan dengan pengunjung dari suatu website. Google Analytics merupakan salah satu aplikasi yang menyajikan informasi hasil web usage mining yang menggunakan teknik page tags. Cara kerja dan penggunaan Google Analytics sangatlah mudah, sehingga peranan remaja masjid dalam menggunakan teknologi dapat diterapkan karena dengan adanya skill yang baik

References

Hendriadi, A. A., & Dedih, D. (2014). Analisis Web Menggunakan Google Analytic untuk Menyajikan Laporan Data Situs Dalam Proses Optimasi. In Majalah Ilmiah SOLUSI (Vol. 1, Issue 4). https://journal.unsika.ac.id/index.php/solusi/article/view/64

Hidayatul Akbar, Y. (2021). Information System Journal Implementasi Teknik Remarketing Menggunakan Tools Google Analytics untuk Melakukan Promosi PMB Tertarget. INTERNAL (Information System Journal). https://doi.org/https://doi.org/10.32627/internal.v3i2.53

Himmawan, D., Rusydi, I., & ... (2021). Efektivitas Safari Dalam Meningkatkan Kecintaan Remaja Terhadap Rasulullah (Studi Pada Remaja Masjid Islamic Center Indramayu). Journal Islamic …, 1(2), 13–18. http://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/36

Jamilia, N. A., Firmansyah, H., Mirzachaerulsyah, E., Firmansyah, A., & Putri, A. E. (2022). Analisis Penggunaan Konten Youtube Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS SMAS Mujahidin Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6802–6811. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.4256

Mahendra, A., & Sauda, S. (2022). Analisis Website UNMAHA Menggunakan Google Analytics dan Seoqueake. Jurnal JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), 14(2), 336–344. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jupiter/article/view/5086%0Ahttps://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jupiter/article/view/5086/2194

Purnaningrum, E., & Ariqoh2, I. (2019). Google Trends Analytics Dalam Bidang Pariwisata. Majalah Ekonomi, 24(2), 232–243. https://doi.org/10.36456/majeko.vol24.no2.a2069

Rahiem, M. D. ., & Nourwahida, C. D. (2023). Perubahan Sosial Masyarakat Kramat Tunggak Pasca Berdirinya Masjid Islamic Center Jakarta. In Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM) (Vol. 4, Issue 1). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66127%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/66127/1/Malihah Aulia 11180150000009 Watermark.pdf

Rusiyati, S., Zuniarti, I., Basudani, W. A., & Simamora, V. T. (2022). Mewujudkan Generasi Muda Sebagai SDM Unggul Di Era Disrupsi Industri 4.0 Bagi Remaja Masjid Jakarta Islamic Centre Jakarta Utara. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i2.1618

Seimahuira, S. (2022). Analisa Pola Pengguna Youtube Tranding Menggunakan Algoritma Partitioning Around Medoids (PAM) dan FP-Growth. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 59–66. https://doi.org/10.54082/jupin.38

Wirga, E. W. (2016). Analisis Konten pada Media Sosial Video Youtube untuk Mendukung Strategi Kampanye Politik. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Komputer, 21(1), 14–26. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/infokom/article/view/1716

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Bayhaqy, A., Riyadi, A. A., Suyoto, S., & Nanang Ruhyana. (2023). Pelatihan Analisa Data Youtube dan Website untuk Majelis Remaja dan Pemuda Islam (MADARIS) Jakarta Islamic Centre. Jurnal Aruna Mengabdi, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.61398/armi.v1i2.34