Pendampingan Siswa dalam Pembelajaran Pengenalan Dasar Ms. Word Sebagai Pengolah Kata Pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah

Authors

  • Nining Suryani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wina Yusnaeni Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hasan Basri Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.61398/armi.v1i2.25

Keywords:

sdgs, devotion, word processing

Abstract

Salah satu dari program SDGs pemerintah adalah program pendidikan, diantaranya adalah program pendidikan dan pelatihan komputer. Program ini bertujuan guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat, terutama untuk kalangan anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak baru mengenal dunia digital sehingga diharapkan mereka dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif dan berguna. Melalui media digital masyarakat dapat lebih mudah untuk menemukan informasi apapun yang dibutuhkan Kemampuan media pada masa digital ini sangat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan membandingkan berbagai sumber berita informasi. Permasalahan yang ada pada siswa adalah pengetahuan yang minim bagi para siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah terkait dasar pendidikan komputer seperti bagian pengoprasian komputer, diantaranya  bagaimana cara untuk menghidupkan, mematikan dan membuka aplikasi dan pengetahuan yang minim bagi para siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah terkait aplikasi dasar pengolahan kata. Berdasarkan hasil pengolah data kuesioner dengan N-Gain didapatkan nilai skor sebesar  0.70 dengan tingkat prosentasi sebesar 70 menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian masyarat yang telah dilakukan cukup efektif. Pelatihan pengenalan dasar menggunakan MS. Word pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan terkait dasar pendidikan komputer  dan pengetahuan aplikasi MS. Word  pada para siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah.

 

References

Alimuary, H. D. (2020). Analisis Program PT. JICT Rumah Belajar dalam Mendukung Indonesian Sustainable Development Goals 2018. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.37535/103001120203

Bäck, L., Ingman, E., Lalwani, D., Müller, M., SørensenBehm, C., & Rosenbröijer, C.-J. (2018). Digital Brand Management: A Company and Consumer Perspective. Arcadia Working Paper. Yrkeshögskolan Arcada. https://www.theseus.fi/handle/10024/141477

Handayani, S., & Hadi, S. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 49–58. https://doi.org/10.36596/JPKMI.V1I2.32

Iman, A. M., & Ulfi, R. A. (2021). Pengabdian Masyarakat Dengan Meningkatkan Minat Anak-anak Terhadap Pentingnya Pendidikan di Kampung Pondok Manggis, Bojong Gede. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: 58(Desember 2021), 1(58), 21–29. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/933/838

Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. INVERTED: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted/article/view/13081

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Efektivitas permainan zuper abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323

Lestari, N. K. D., Adisanjaya, N. N., & Rosiana, I. W. (2022). PKM Sekolah Berbasis Kesehatan dan Lingkungan di SD Negeri 5 Singakerta Ubud Gianyar Bali. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 26–30. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.32438

Masruroh, M., Pambudi, M. R., Aris, A. P., Ninasafitri, N., & Permana, A. P. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sd Melalui Kearifan Lokal. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 52–57. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15450

Pratama, R. A., Wardani, K. R. N., Putra, M. S., Fitriani, E., Fithri, N., & Makmur, M. K. (2022). Pelatihan Dasar Komputer bagi Anak SD Desa Rambutan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1631–1636. https://doi.org/10.54082/jamsi.486

Raharjo, S. (2019). Cara Menghitung N-Gain Score Kelas Eksperimen dan Kontrol dengan SPSS. SPSS Indonesia. https://www.spssindonesia.com/2019/04/cara-menghitung-n-gain-score-spss.html

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152

Upa, R., & Pilu, R. (2021). Pelatihan dan Pengenalan Dasar-Dasar Komputer bagi Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Kelurahan Temmalebba. Madaniya, 2(4), 373–377. https://doi.org/10.53696/27214834.104

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Suryani, N., Yusnaeni, W., & Basri, H. (2023). Pendampingan Siswa dalam Pembelajaran Pengenalan Dasar Ms. Word Sebagai Pengolah Kata Pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah . Jurnal Aruna Mengabdi, 1(2), 53–60. https://doi.org/10.61398/armi.v1i2.25