Pendampingan Siswa dalam Pembelajaran Pengenalan Dasar Ms. Word Sebagai Pengolah Kata Pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah
DOI:
https://doi.org/10.61398/armi.v1i2.25Keywords:
sdgs, devotion, word processingAbstract
Salah satu dari program SDGs pemerintah adalah program pendidikan, diantaranya adalah program pendidikan dan pelatihan komputer. Program ini bertujuan guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat, terutama untuk kalangan anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak baru mengenal dunia digital sehingga diharapkan mereka dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif dan berguna. Melalui media digital masyarakat dapat lebih mudah untuk menemukan informasi apapun yang dibutuhkan Kemampuan media pada masa digital ini sangat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan membandingkan berbagai sumber berita informasi. Permasalahan yang ada pada siswa adalah pengetahuan yang minim bagi para siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah terkait dasar pendidikan komputer seperti bagian pengoprasian komputer, diantaranya bagaimana cara untuk menghidupkan, mematikan dan membuka aplikasi dan pengetahuan yang minim bagi para siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah terkait aplikasi dasar pengolahan kata. Berdasarkan hasil pengolah data kuesioner dengan N-Gain didapatkan nilai skor sebesar 0.70 dengan tingkat prosentasi sebesar 70 menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian masyarat yang telah dilakukan cukup efektif. Pelatihan pengenalan dasar menggunakan MS. Word pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan terkait dasar pendidikan komputer dan pengetahuan aplikasi MS. Word pada para siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah.
References
Alimuary, H. D. (2020). Analisis Program PT. JICT Rumah Belajar dalam Mendukung Indonesian Sustainable Development Goals 2018. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.37535/103001120203
Bäck, L., Ingman, E., Lalwani, D., Müller, M., SørensenBehm, C., & Rosenbröijer, C.-J. (2018). Digital Brand Management: A Company and Consumer Perspective. Arcadia Working Paper. Yrkeshögskolan Arcada. https://www.theseus.fi/handle/10024/141477
Handayani, S., & Hadi, S. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 49–58. https://doi.org/10.36596/JPKMI.V1I2.32
Iman, A. M., & Ulfi, R. A. (2021). Pengabdian Masyarakat Dengan Meningkatkan Minat Anak-anak Terhadap Pentingnya Pendidikan di Kampung Pondok Manggis, Bojong Gede. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: 58(Desember 2021), 1(58), 21–29. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/933/838
Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. INVERTED: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted/article/view/13081
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Efektivitas permainan zuper abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323
Lestari, N. K. D., Adisanjaya, N. N., & Rosiana, I. W. (2022). PKM Sekolah Berbasis Kesehatan dan Lingkungan di SD Negeri 5 Singakerta Ubud Gianyar Bali. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 26–30. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.32438
Masruroh, M., Pambudi, M. R., Aris, A. P., Ninasafitri, N., & Permana, A. P. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sd Melalui Kearifan Lokal. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 52–57. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15450
Pratama, R. A., Wardani, K. R. N., Putra, M. S., Fitriani, E., Fithri, N., & Makmur, M. K. (2022). Pelatihan Dasar Komputer bagi Anak SD Desa Rambutan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1631–1636. https://doi.org/10.54082/jamsi.486
Raharjo, S. (2019). Cara Menghitung N-Gain Score Kelas Eksperimen dan Kontrol dengan SPSS. SPSS Indonesia. https://www.spssindonesia.com/2019/04/cara-menghitung-n-gain-score-spss.html
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152
Upa, R., & Pilu, R. (2021). Pelatihan dan Pengenalan Dasar-Dasar Komputer bagi Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Kelurahan Temmalebba. Madaniya, 2(4), 373–377. https://doi.org/10.53696/27214834.104
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nining Suryani, Wina Yusnaeni, Hasan Basri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.